....klik....

Selasa, 25 September 2012

INDAHNYA KEBERSAMAAN

Tak ada gading yang tak retak. Itulah ungkapan sederhana yang memuat makna begitu dalam. Sebuah pengakuan bahwa setiap manusia punya kelemahan dan kekurangan. tidak ada manusia yang yang bisa sempurna, karena kesempurnaan hanyalah milik Allah. dzat yang telah menciptakan Alam Semesta beserta isinya. termasuk kita Manusia.

Kekurangan, biasanya menjadi satu permasalah yang meruntuhkan suatu kebersamaan. seolah tak tak bermateri, tak punya arti, Rasa ingin menang sendiri, akhirnya disisihkan tanpa alasan yang bisa diterima dengan hati nan lapang. secara tidak sadar satu sahabat sakit hatinya lantaran saudara-saudaranya tak lagi menerimanya sebagi seorang kawan. 


Terkadang, Kebersamaan itu tidak selamanya seperti rumput. Selalu setara, sewarna, dan segerak. Begitu pula Manusia. Selalu ada kekurangan yang membuat tali persaudaraan di antara sesama Manusia itu terputus. mungkin hanya karena harta/tahta, fisik, dll.  Benarkah? Jika Manusia itu memang tidak pernah bisa luput dari aib?

Alangkah indahnya kebersamaan itu, tak terdengar lagi permusuhan, saling merendahkan, cekcok pertengkaran disana-sini, semua hilang dalam kebersamaan. coba kita bayangkan, jika kita dalam lingkup kebersamaan apa hikmah yang kita dapati? pekerjaan berat terasa ringan, permasalahan tak berbuntut panjang/cepat terselesaikan. Si kaya membantu Si miskin, Hidup damai dan harmonis.

Sebagi seorang muslim arti kebersamaan itu luar biasa pentingya, ibarat ranting yang tertiup angin, satu sama lain dari ranting itu saling mengeratkan, melindungi bahkan terbantu oleh daun agar tidak sampai patah. begitulah kita seharusnya. sebagai seorang mukmin kita harus bersatu. saling melengkapi, jangan sampai kita terpecah hanya karena suatu permasalahan kecil.





Siapa pun kita Manusia, Pasti ada tersimpan "CACAT". Ada "Cacat" berupa ketidak sempurnaan fisik/Rupa, penampilan, dan sebagainya. Ada juga "Cacat" berupa kelalaian ketika pertarungan antara nafsu dan akal berakhir Negatif. Nafsulah yang akhirnya membuat keputusan. Saat itu, Seorang anak manusia melakukan kesalahan. Seperti itu pulakah yang terjadi dengan seorang mukmin?


Semoga kita selalu dipersatukan dengan saudara-saudara kita yang lain. jangan biarkan hal sekecil apapun memecah/memutuskan kebersamaan itu.  
 

Tidak ada komentar:

Artikel Terkait

free web site traffic and promotion