....klik....

Sabtu, 03 November 2012

MUSIBAH ADALAH KEBAIKAN ALLAH

Musibah adalah suatu cobaan dari Allah yang diberikan kepada manusia/makhluk ciptaan-Nya, untuk menguji seberapa besar keteguhan iman yang dimiliki oleh makhluk-Nya tersebut. Cobaan itu sendiri ada bermacam-macam bentuknya, seperti datngnya wabah penyakit, pencurian, bencana alam dll. Benar Allah tidak akan menguji/ memberikan cobaan diatas kemampuan para umat-Nya.

Semua ujian, cobaan, musibah pasti ada hikmahnya. Bagaimana cara menghadapinya? Umumnya sebagai manusia, setiap ada masalah yang ada hanyalah hawa nafsu, ego yang menggebu-gebu dan selalu ingin melampiaskan pada lingkungan sekitar. Tak jarang pada yang sampai bacok-bacokan sampai bunuh-membunuh. Na'udzubillah

Musibah adalah kebaikan Allah. Sebab musibah tersebut akan membawa kita untuk belajar dan memperbaiki kesalahan demi kesalahan yang telah kita buat selama ini. Kadang dengan adanya sesuatu (pesta,pekerjaan,masalah rumah tangga dll) kita telah melakukan kesalahan fatal dan meninggalkan perintah-Nya. Sehingga lupa segalanya bahwa semua itu adalah kebaikan yang telah di berikan oleh Allah.

Rosulullah saw bersabda, “Barangsiapa yang dikehendaki oleh ALLAH mendapat kebaikan, akan diuji oleh-NYA dengan suatu musibah” (al-Bukhari)

Seperti sabda rasull diatas, segala ujian, cobaan/musibah yang di berikan kepa umat-Nya semuanya ada hikmahnya. Seperti halnya untuk mendewasakan diri, menjadi lebih bijaksana dalam menanggapi segala situasi kehidupan, menciptakan lingkungan yang serasi dsb. Sebab tidak ada ada nikmat yang tidak ada cobaanya, karena apa, karena cobaan adalah nikmat yang luar biasa dari Allah swt.

Sesungguhnya besarnya pahala tergantung besarnya bala’ (musibah). Sesungguhnya ALLAH SWT apabila menyukai suatu kaum, DIA akan menguji mereka dengan suatu bala’. Barangsiapa yg rela menerimanya, maka dia mendapat keridhaan ALLAH, dan barang siapa yg tidak rela, maka dia akan mendapat kemurkaan ALLAH (at Tirmidzi)

Dari hadits diatas, dapat disimpulkan, bawasanya jika sedang mendapat bala'/musibah kita harus sabar dan ikhlas untuk menerimanya. Allah akan menghadiahkan pahala yang berlipat ganda kepada umat-Nya yang dengan ikhlas menerima segala bentuk nikmat yang di berikan-Nya. Entah itu berbentuk musibah/ nikmat lainya.

Sebaliknya jikalau mengelak/tidak merelakan cobaan/ musibah yang di berikan oleh Allah tersebut, akan mendapat kemurkaan dari Allah swt. Naudzubillah.. Semoga kita menjadi insan yang selalu bersyukur atas segala nikmat yang diberikan oleh Allah swt. Sehingga semua langkah kita diberkahi dan di arahkan di jalan yang benar. 

Semoga Bermanfaat Sahabat....

Tidak ada komentar:

Artikel Terkait

free web site traffic and promotion